Kumpulan Cara Menghilangkan Malware di Android Agar Tetap Aman Digunakan

Kumpulan Cara Menghilangkan Malware di Android Agar Tetap Aman Digunakan – Smartphone android bisa digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan. Tak terkecuali untuk hiburan dengan melengkapinya dengan game. Hanya saja, tak semua aplikasi game terbebas dari serangan malware. Dengan demikian, smartphone android anda akan terjangkit malware apabila anda mendownload aplikasi game tersebut. Jika anda saat ini tengah mengalami hal tersebut, pastikan anda tahu cara menghilangkan malware di android.

Kumpulan Cara Menghilangkan Malware di Android Agar Tetap Aman Digunakan

Kumpulan Cara Menghilangkan Malware di Android Agar Tetap Aman Digunakan

Di bawah ini adalah beberapa cara menghilangkan malware di android yang bisa anda ikuti selengkapnya.

1. Fitur Keamanan Smartphone

Fitur Keamanan Smartphone

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan malware di android yaitu memanfaatkan fitur keamanan smartphone. Hal ini bisa dilakukan oleh anda yang menggunakan smartphone Xiaomi dan Asus.

Seperti yang diketahui, smartphone dengan merk ini telah dilengkapi dengan Security atau Mobile Manager. Fitur keamanan khusus ini berperan penting sebagai antivirus bawaan smartphone. Dengan anda memanfaatkan fitur ini, anda bisa memindai sekaligus menghapus malware yang ada di smartphone.

2. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Anda juga harus menghapus aplikasi yang diduga sebagai sumber malware di android anda. Namun jika aplikasi tersebut tak bisa di-uninstall karena mempunyai administrator rights, maka anda harus hapus administrator rights terlebih dahulu. Adapun caranya ialah dengan masuk ke Setting dan pilih Security.

Lalu lihat bagian Device Administrator. Nantinya anda akan melihat menu Android Device Manager yang ada di daftar tersebut. Anda bisa melepas izin administrator rights yang ada di aplikasi yang tidak dapat dihapus. Jika izinnya sudah dicabut, aplikasi tersebut bisa dihapus.

Setelah itu, anda bisa mengujinya dengan restart android terlebih dahulu. Apabila smartphone android anda sudah menyala, anda bisa cermati kinerjanya. Smartphone yang sudah tidak ada malware bisa bekerja secara normal kembali.

3. Masuk ke Safe Mode

Masuk ke Safe Mode

Cara menghilangkan malware di android lainnya yaitu masuk ke Safe Mode. Caranya, anda tekan lama tombol power. Hal ini dilakukan untuk merestart smartphone android anda. Setelah itu, anda tekan dan tahan Power Off yang ada di layar. Kemudian pilih Reboot to Safe Mode dan klik OK. Dengan anda masuk ke Safe Mode, anda bisa tahu file mana saja yang terjangkit malware. Dengan demikian, anda bisa langsung menghapusnya.

4. Hard Reset

hard reset

Melakukan hard reset juga bisa menghilangkan malware di android. Adapun caranya ialah dengan melepas baterai yang ada di perangkat android. Setelah itu, anda bisa memasangnya kembali. Bagi anda yang memiliki smartphone dengan baterai tanam, anda tetap bisa melakukan hard reset. Caranya, anda tekan dan tahan tombol Power sekitar 10 detik. Saat smartphone anda sedang booting, anda bisa tekan dan tahan kedua tombol volume.

5. Gunakan Antivirus

Gunakan Antivirus

Ada banyak aplikasi antivirus yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan malware di android. Hanya saja, pastikan anda mendownload, akan tetapi membeli. Hal ini dikarenakan membeli aplikasi antivirus bisa mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan terjamin keamanannya. Adapun salah satu aplikasi antivirus yang bisa anda gunakan untuk membentengi smartphone android anda yaitu AVG AntiVirus PRO Android Security.

Baca Juga: Pakai 5 Aplikasi Jual Beli Rumah di Android Ini, Dijamin Banyak Untungnya

6. Apps for Draw

Apps for Draw

Smartphone yang terserang malware akan mengalami penurunan performa. Selain itu, baterainya juga bisa lebih cepat habis. Untuk mengatasinya, anda bisa masuk ke Setting dan mencari Apps for Draw. Setelah itu, anda akan dihadapkan dengan daftar aplikasi yang mempunyai izin untuk berjalan di atas aplikasi lain.

Anda jangan memberi izin aplikasi tersebut untuk berjalan di aplikasi lainnya. Jangan lupa juga untuk menghapus aplikasi yang mencurigakan tersebut. Dengan cara ini, performa dan daya tahan baterai anda bisa membaik.

7. Notification Panel

Notification Panel

Anda perlu memantau Notification Panel untuk mengatasi malware yang ada di smartphone android anda. Caranya, anda buka Addons Detector dan klik Notification Monitor. Setelah itu, klik ON dan centang tulisan Addons Detector. Saat iklan muncul, anda bisa membuka fitur Notification Monitor. Dari sini, anda bisa tahu apa saja aplikasi yang menampilkan iklan. Anda tinggal menghapusnya lewat menu pengaturan.

Cara menghilangkan malware di android penting untuk anda lakukan. Dengan mencegahnya dari serangan malware, hp android anda bisa awet, tangguh dan aman. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂