Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Agar Tak Boros Kuota Lagi

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Agar Tak Boros Kuota Lagi –Pop up iklan yang muncul tiba-tiba tentu saja mengganggu pengguna gadget. Iklan ini sendiri seringkali muncul saat kita browsing, chatting dan bahkan nonton film. Adanya pop up iklan yang muncul bisa membuat kita salah klik dan diarahkan ke halaman yang lain. Hal ini tentu saja menyedot kuota dan tak bisa menggunakan gadget secara efektif. Namun anda tak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan pop up iklan di android yang mudah dipraktekkan.

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Berikut kami bagikan beberapa cara menghilangkan pop up iklan di android selengkapnya untuk anda.

1. Scan Dengan Antivirus

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan pop up iklan di android yaitu scan dengan antivirus. Adapun caranya ialah dengan menginstal Malwarebytes terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa membuka aplikasinya.

Scan dengan antivirus (1)

Jika sudah, anda bisa klik bagian kiri atas dan pilihlah Scanner atau Pemindai. Anda tinggal klik Scan atau Pindai sehingga proses scanning bisa langsung berjalan.

Scan dengan antivirus (2)

Proses scan ini sendiri berlangsung selama 10-15 menit tergantung dengan size dan kapasitas storage. Tak hanya itu, lamanya proses scanning juga dipengaruhi oleh spesifikasi hp anda. Dengan anda menggunakan antivirus Malwarebytes ini, maka adware dan bahkan malware yang tak sengaja tersimpan di storage sistem bisa hilang seketika. Selain Malwarebytes, anda juga bisa gunakan antivirus lainnya.

2. Factory Reset

Selain menggunakan antivirus, cara menghilangkan pop up iklan di android lainnya ialah dengan melakukan factory reset. Caranya terbilang sederhana. Anda hanya perlu masuk ke Settings. Setelah itu, anda bisa mencari Backup & Reset. Langkah selanjutnya, anda bisa memilih Factory data reset. Dari sini anda bisa mengikuti instruksi selanjutnya. Nantinya smartphone android anda akan reboot secara otomatis. Hp yang anda gunakan akan memulai pengaturan ulang lagi. Setelah nyala kembali, anda bisa mengeceknya.

Factory Reset

Perlu untuk anda ketahui bahwa cara ini memiliki resiko yang harus anda pahami. Jika hp android anda gagal dalam melakukan factory reset, maka perangkat akan menjadi bootloop dan hanya stuck di logo Android saja. Tak hanya itu, cara ini juga akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan pada hp android anda, tak terkecuali dengan video, foto dan file. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda melakukan backup data sebelum factory reset.

3. Nonaktifkan Izin Notifikasi dari Situs Tertentu

Cara ini bisa anda lakukan apabila melihat notifikasi yang mengganggu dari suatu situs. Adapun cara untuk nonaktifkan izinnya ialah dengan membuka aplikasi Chrome yang ada di ponsel atau tablet android yang anda gunakan. Setelah itu, anda bisa membuka halaman webnya. Tepat di bagian sebelah kanan pada kolom URL, anda tap Lainnya. Kemudian pilih Info Informasi.

Nonaktifkan Izin Notifikasi dari Situs Tertentu (1)

Langkah selanjutnya, anda bisa tap Setelan situs. Dibawah tulisan Izin, anda bisa tap Notifikasi. Lain halnya jika anda tak melihat Izin ataupun Notifikasi, maka notifikasi situs tersebut tak aktif. Anda tinggal nonaktifkan setelan. Cara yang satu ini terbilang mudah dilakukan. Oleh karena itu, anda tak perlu ragu untuk mempraktekkan cara ini.

Nonaktifkan Izin Notifikasi dari Situs Tertentu (2)

Baca Juga: Top 8 Aplikasi Ganti Font Terbaik di Android Tanpa Root

4. Hapus Aplikasi Pembawa Pop Up Iklan

Cara lainnya yang bisa anda tempuh untuk menghilangkan pop up iklan di android yaitu menghapus aplikasi yang membawa pop up iklan. Caranya, anda buka Playstore terlebih dahulu. Kemudian anda bisa klik bagian kiri atas dan pilih menu Aplikasi & Game Saya. Dalam langkah ini, anda klik tab Koleksi dan ubahlah setting sortir menjadi baru-baru ini atau Recent. Setelah itu, anda bisa cek aplikasi yang menjadi penyebabnya. Anda harus mengingat nama aplikasinya atau bisa perlu mencatatnya.

Hapus Aplikasi Pembawa Pop Up Iklan (1)

Anda bisa lanjutkan langkahnya dengan masuk ke Pengaturan atau Settings. Lalu masuklah ke Aplikasi. Di menu ini, anda tinggal mencari sekaligus menghapus aplikasi-aplikasi yang diduga menjadi penyebabnya tadi. Setelah uninstall aplikasi, anda tinggal restart smartphone android anda. Untuk memastikan apakah iklannya masih muncul atau tidak, anda bisa langsung mengeceknya dengan browsing.

Hapus Aplikasi Pembawa Pop Up Iklan (2)

Cara menghilangkan pop up iklan di android terbukti simple sehingga bisa dilakukan secara mudah, tak terkecuali dengan pemula sekalipun. Anda pun tak perlu ragu untuk mempraktekannya.