Memori Internal Penuh? Atasi Dengan 4 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Ini

Memori Internal Penuh? Atasi Dengan 4 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Ini - Penyimpanan internal seringkali penuh tak hanya karena terlalu banyak menyimpan foto dan video saja, akan tetapi juga aplikasi. Memori internal yang penuh membuat kinerja smartphone menjadi terganggu. Selain itu, anda juga akan kesulitan saat ingin menyimpan data penting lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, alangkah baiknya jika anda memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal atau kartu SD. Tak perlu khawatir karena cara memindahkan aplikasi ke kartu SD terbilang sederhana sehingga mudah dilakukan.

Memori Internal Penuh? Atasi Dengan 4 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Ini

4 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Ini Di bawah ini adalah beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu SD selengkapnya untuk anda.

1. Android 5.0

Android 5.0 Apabila smartphone android yang anda miliki menggunakan versi Android 5.0, anda bisa praktekkan cara ini. Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, anda hanya perlu membuka menu Settings. Setelah itu, anda bisa gulir menu ke bawah untuk menemukan Apps. Anda klik menu tersebut. Dalam menu ini, anda nantinya akan dihadapkan dengan daftar aplikasi apa saja yang terpasang di smartphone android anda. Untuk memindahkan aplikasi, anda bisa tap aplikasi yang ingin anda simpan atau pindahkan ke kartu SD. Agar prosesnya segera berjalan, anda tinggal klik tombol Move to SD dengan menggulirnya ke bawah. Tunggu saja sampai prosesnya selesai. Jika sudah, anda bisa cek apakah aplikasi anda sudah berpindah ke microSD. Pemindahan aplikasi ke microSD bisa membuat penyimpanan internal smartphone anda menjadi lebih lapang.

2. Android 4.4

Android 4.0 Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang satu ini bisa diterapkan apabila anda menggunakan smartphone dengan versi Android 4.4. Caranya, anda pastikan dulu sudah memasukkan kartu memori ke dalam smartphone android. Setelah itu, dari layar Beranda, anda tinggal ketuk ikon layar Aplikasi. Langkah selanjutnya, anda cari dan ketuk Setelan. Kemudian pilih Aplikasi. Jika sudah, anda bisa ketuk tab Pada kartu SD. Dari sini, anda pilih aplikasi dan ketuk Pindahkan ke kartu SD. Tak butuh waktu lama, aplikasi anda sudah berpindah ke microSD.

3. Android 6.0

Android 6.0 Smartphone dengan sistem operasi Android 6.0 juga bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD. Caranya, anda buka saja menu Settings yang ada di smartphone Android anda dan carilah menu Apps. Setelah itu, anda bisa klik menu Apps. Nantinya anda bisa tahu daftar aplikasi apa yang ada di smartphone android anda. Dari sini, anda bisa memilih aplikasi yang ingin anda pindahkan ke kartu SD. Kemudian anda klik Storage & USB. Langkah selanjutnya, anda nantinya akan disajikan pilihan ingin menyimpan aplikasi ke penyimpanan internal atau penyimpanan eksternal. Anda pilih saja penyimpanan eksternal. Setelah itu, anda klik tombol Next di bawah menu agar proses pemindahan aplikasi bisa langsung dilakukan. Namun perlu untuk anda pahami bahwa cara ini tak bisa memindahkan semua aplikasi. Perlu untuk anda ingat bahwa aplikasi yang sudah pindah ke kartu SD tak bisa dijalankan jika kartu SD dilepas. Jika anda menggunakan smartphone dengan versi Android 6.0, anda sangat disarankan untuk mengubah kartu SD sebagai penyimpanan default yang menggantikan memori internal. Hanya saja, ada baiknya anda menggunakan kartu SD yang mempunyai kemampuan membaca dan menulis data berkecepatan tinggi. Dalam hal ini, anda bisa pilih microSD class 10. Dengan kartu SD ini, anda bisa menyimpan foto, video, maupun aplikasi secara leluasa. Baca Juga: Download Sekarang 6 Aplikasi Baca Komik Terbaik Untuk Pengguna Android

4. Semua Versi Android

Semua Versi Android Cara yang satu ini bisa diterapkan pada semua smartphone android. Adapun caranya ialah dengan membuka Setting terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah Manajemen Aplikasi. Dari sini, anda cari dan pilih aplikasi mana saja yang akan dipindahkan ke kartu SD. Kemudian anda pilih menu Penyimpanan Aplikasi. Anda tinggal mengubah opsi penyimpanannya. Jika sudah, anda bisa langsung memindahkan aplikasi yang anda inginkan. Nantinya secara otomatis akan muncul menu Move unkilled. Anda tinggal klik move agar aplikasi bisa berpindah dari memori internal ke kartu SD. Cara ini terbilang sederhana sehingga mudah dilakukan, termasuk pemula sekalipun. Namun perlu diketahui bahwa tiap aplikasi memiliki fungsi tersendiri dengan fitur dan kapasitas memori yang beda tentunya. Maka dari itu, ada baiknya anda pertimbangkan manfaatnya dulu sebelum mengintal aplikasinya. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di atas bisa anda praktekkan agar penyimpanan internal terasa lapang. Anda pun tak akan kesulitan lagi dalam menyimpan data penting nantinya. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂